Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atasi Eror 5100 Printer Canon IP 2770

Atasi Eror 5100 Printer Canon IP 2770

Printer Canon IP 2770 merupakan salah satu printer sejuta umat. Mengapa saya bisa mengatakan seperti ini?. Ini tidak terlepas dari fakta bahwa sebagian besar masyarakat khususnya di Indonesia menggunakan printer ini. Salah satu faktor penyebabnya mungkin karena harganya yang cukup terjangkau dan mudah diperbaiki. Printer Canon IP 2770 mempunyai kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah rentan terhadap eror. Penyebabnya sangat beragam mulai dari karena mati tiba-tiba, posisi katridge tidak pas dan penyebab lainnya.

Kali ini jenis eror yang akan saya bahas adalah Eror 5100. Apa penyebabnya?. Pada kasus yang saya alami, penyebabnya adalah karena Printer Canon IP 2770 saya mengalami macet. Kertas umpan yang tertarik tidak keluar secara mulus. Melainkan terjepit pada penggulungnya. Hal ini terjadi hingga 4 kali. Hingga akhirnya muncullah Eror 5100 ini. Apa tandanya?. Ya, saat Eror 5100 terjadi, kita akan melihat indikator pada LED-nya. LED-nya akan menyala orange 2x dan hijau 2x secara bergantian. Praktisnya, hitung aja sebanyak 4x hingga LED berhenti agak lama pada posisi LED warna hijau.

Apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi Eror 5100 pada Printer Canon IP 2770?. Hampir setiap hari saya menggunakan printer jenis ini dan sudah menemukan berbagai jenis eror pada Printer Canon IP 2770 ini. Langkah pamungkas saya saat terjadi eror, pastinya adalah di-Reset. Tapi sebelum itu, kita tidak perlu tergesa-gesa. Perhatikan pemberitahuan yang muncul pada laptop saat eror 5100 ini terjadi. Silahkan batalkan proses print dahulu. Berikut pemberitahuan yang muncul saat terjadi Eror 5100 pada layar laptop.

printer canon ip 2770 error 5100
Error 5100 Printer Canon IP 2770

Mari kita praktikkan terlebih dahulu langkah seperti yang muncul di layar. Langkahnya adalah:
# Matikan printer. Cabut kabel power dari listrik dan kabel power yang tersambung ke printer. Cabut juga kabel USB yang tertancap pada printer.
# Tunggu beberapa  menit, sekitar 1-2 menit.
# Jika sudah menunggu, pasang kabel power ke printer dan hubungkan dengan listrik. Sambung kabel USB ke printer dan tancapkan pada laptop.
# Jika langkah di atas sudah, hidupkan printernya.
# Buka dokumen dan coba untuk mencetak. Saya yakin, proses pencetakan sekarang sudah aman.

Selamat karena anda sudah berhasil mengatasi eror 5100 pada Printer Canon IP 2770. Tunggu tips dan trik lainnya ya.
Share :

Belum ada komentar untuk "Atasi Eror 5100 Printer Canon IP 2770"